5 Kunci Keberhasilan Mendampingi Anak Belajar di Rumah Selama Orangtua WFH, Tips No 4 Wajib Kamu Coba!


Pada masa pandemi Virus Corona atau Covid 19, banyak orangtua yang harus melakukan WFH atau bekerja dari rumah termasuk anak yang sebelumnya bersekolah juga harus melakukan kegiatan belajar di rumah. Namun aktivitas WFH dan belajar dari rumah belum tentu mudah dilakukan, penuh tantangan dan godaan, godaan untuk rebahan, godaan untuk nonton TV, rengekan anak mengajak bermain saat orangtua sedang meeting online, dan lainnya.

Berikut adalah 5 tips kunci keberhasilan mendampingi anak belajar di rumah selama WFH: 

1. Ajak Anak Diskusi.

Sebelum memulai aktifitas WFH dan belajar di rumah, ajak anak diskusi, berikan penjelasan tentang keadaan saat ini. Ajak anak untuk membuat aturan main selama WFH dan Belajar di rumah. Dengan melibatkan anak untuk berdiskusi maka kita memberi kepercayaan, dan memupuk sikap tanggung jawab anak.

2. Sediakan tempat yang nyaman untuk belajar.

Ciptakan suasana rumah yang aman dan nyaman, untuk anak dan orang tua. misalnya tidak ada suara televisi, musik keras atau percakapan yang lantang saat anak sedang bersiap untuk belajar atau sedang belajar, selain itu gunakan ruang terpisah untuk anak belajar dan orangtua untuk WFH.

3. Libatkan anak dengan berbagai aktivitas di rumah.

Libatkan anak dengan berbagai aktivitas di rumah, misalnya membuat kue, memasak, membersihkan rumah, berkebun, bereksperimen dan kegiatan kreatif lainnya. Kegiatan bersama orang tua dan anak akan meningkatkan kedekatan emosional yang intens, yang belum tentu bisa di dapat saat orangtua bekerja di kantor.

4. Sediakan Permainan Penunjang Yang Cukup.

Durasi waktu anak belajar di rumah tentu tidak sepanjang orangtua WFH, jadi penting bagi orangtua untuk menyediakan aneka permainan edukatif yang mampu membuat anak tetap tenang sambil bermain dan belajar. Ada berbagai macam permainan edukatif yang bisa jadi pilihan, disesuaikan dengan usia dan tema permainannya.

Untuk anak usia 0-5 tahun, orangtua bisa menyiapkan mainan edukatif flashcard untuk mengenalkan 
hurufanggota tubuh, dan angka. Anak usia 6-10 tahun membutuhkan permainan yanng lebih menantang yang mampu mengasah kecerdasannya, ayah dan bunda bisa menyediakan permainan seperti cardgame, boardgame , dan  puzzle.

5. Jaga kesehatan dengan asupan nutrisi yang cukup.

Bekerja WFH seringkali lebih melelahkan bagi orangtua dibandingkan dengan saat bekerja di kantor. Selain harus menyelesaikan tugas-tugas kantor orangtua juga disibukkan dengan mendampingi anak yang harus belajar di rumah. Dalam kondisi seperti itu kesehatan tetap harus diperhatikan, dengan cara menyediakan waktu istirahat yang cukup dan asupan makanan dengan nutrisi yang seimbang.

yuk, kunjungi website kita di maenmain!

Penulis : Bhirawa

Sumber bacaan :

https://www.pikiran-rakyat.com/belia/pr-01370026/wfh-buatmu-merasa-bekerja-24-jam-simak-tips-agar-tidak-stres-selama-kerja-dari-rumah
https://www.duniabelajaranak.id/tips-bekerja-produktif-di-rumah-saat-wfh/

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/27/081500820/4-tips-sukses-work-from-home-sambil-mengurus-anak-di-rumah?page=all

Previous Post
Next Post

Featured Post

Rindu bermain komidi putar? Yuk, bernostalgia bersama festival Komidi Putar! Komidi Putar adalah festival literasi anak dan keluarga. Festiv...

Continue reading