Perbedaan Augmented Reality Marker Based Tracking, Markerless Based Tracking dan GPS Based Tracking?

Sesuai janji saya di artikel sebelumnya Apa sih Augmented Reality, Virtual reality dan Mixed Reality itu?. Sekarang saya akan menjelaskan lebih dalam, lebih dalam, lebih dalam dan anda akan teridur, ehh, jadi hipnotis. Balik lagi, sekarang kita akan dikenalkan dengan 3 jenis Augmented Reality. Bagi yang belum tau apa itu Augmented Reality (AR) cuss cek dulu artikel sebelumnya ya. Skuuy, Tanpa basa basi kita bahas satu per satu.

Marker Based Tracking, dari cara kerjanya jenis AR ini merupakan yang paling sederhana. Metode ini paling sering digunakan oleh developer aplikasi AR. Cara kerja Marker Based Tracking yaitu kamera yang telah dikalibrasi akan mendeteksi marker, lalu kamera akan melakukan perhitungan, apakah marker sesuai dengan database yang dimiliki.  Jika pola markernya sesuai dengan yang ada di database maka system akan me-render dan menampilkan objek. Sebaliknya jika marker tidak sesuai dengan database maka system tidak akan melakukan apa-apa.

Markerless Based Tracking, AR jenis ini lebih sulit untuk diimplementasikan karena tidak seperti Marker Based Tracking, pada jenis ini marker tidak disiapkan sebelumnya. Pada Markerless Based Tracking pengguna bisa menempatkan objek tidak sebatas diatas marker, pengguna bisa menyimpan objek diatas lantai, diatas meja, dan dimana saja, tergantung algoritma yang dimasukan ke sistem.

GPS Based Tracking, bekerja memanfaatkan fitur sensor GPS dan kompas pada smartphone. Cara kerja GPS Based Tracking yaitu aplikasi AR akan mengambil data dari sensor GPS dan kompas kemudian menampilkan objek secara realtime pada posisi yang sudah ditentukan disistem. Contoh aplikasi AR yang menerapkan GPS Based Tracking seperti game Pokemon Go.

Cukup sekian pembahasan perbedaan ke-3 jenis Augmented Reality (AR) dari mimin yang baik hati ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan monggo isi kolom komentar dibawah. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Salam techno :D

Previous Post
Next Post

Featured Post

Rindu bermain komidi putar? Yuk, bernostalgia bersama festival Komidi Putar! Komidi Putar adalah festival literasi anak dan keluarga. Festiv...

Continue reading