Apa sih Augmented Reality, Virtual reality dan Mixed Reality itu?

Kebanyakan dari kita mungkin sudah sering mendengar tentang Augmented Reality (AR) maupun Virtual Reality (VR) atau bahkan sudah pernah mencobanya, tetapi pernahkah kalian mendengar tentang Mixed Reality (MR)? atau apakah kalian tau perbedaan antara AR, VR dan MR?

Virtual Reality atau realitas virtual, menghadirkan dunia virtual didepan mata kita tampak nyata. Dimana kita menjadi bagian dari sebuah lingkungan virtual dan dapat bergerak bahkan berinteraksi didalamnya. Pada VR kita harus menggunakan perangkat khusus, HMD (Head Mounted Display) seperti Oculus rift, Samsung Gear VR atau dengan Smartphone dengan headset tambahan seperti Google Cardboard.

Augmented Reality atau AR, berbeda dengan Virtual Reality pada AR kita tidak dibawa ke dunia virtual. Pada Augmented Reality kita menempatkan objek virtual kedalam lingkungan dunia nyata. AR terbagi menjadi 3 jenis, Marker Based Tracking, Markerless Based Tracking dan GPS Based Tracking. Untuk penjelasan jenis-jenis AR akan ada di artikel berikutnya.

 

Mixed Reality atau realitas campuran, yups, seperti namanya MR merupakan campuran antara AR dan VR. Perbedaannya dengan AR yaitu interaksi dan interface nya yang lebih kompleks dan seperti halnya VR, MR menggunakan headset khusus seperti headset buatan Microsoft yaitu HoloLens.

Sekian penjelasan singkat mengenai perbedaan antara VR, AR dan MR. Sudah jelaskan sekarang? Atau masih bingung? Hmmm, kalau masih bingung, coba beberapa aplikasi dibawah ini (klik gambar).

 

Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Jangan lupa kunjungi website kita di maenmain!

Salam techno :D

Previous Post
Next Post

Featured Post

Rindu bermain komidi putar? Yuk, bernostalgia bersama festival Komidi Putar! Komidi Putar adalah festival literasi anak dan keluarga. Festiv...

Continue reading